Predator – Amankan PC melalui Flashdisk

Predator merupakan sebuah software untuk melakukan lock (penguncian) pada PC melalui perantaraan flashdisk (removable disk). Dengan kata lain software ini memanfaatkan sebuah removable disk (baik flashdisk ataupun memory card) sebagai perangkat access control pada PC yang kita gunakan.


Cara kerja Predator:

  • Masukkan removable disk
  • Jalankan Predator (jika perlu dapat dijalankan secara autostart)
  • Lakukan pekerjaan anda.
  • Ketika anda meningggalkan PC untuk waktu yang tidak terlalu lama, cabut removable disk, dan secara otomatis keyboard dan mouser menjadi tidak aktif dan layar menjadi blank
  • Ketika ingin kembali bekerja masukkan kembali removable disk, maka keyboard dan mouse akan aktif kembali dan tampilan akan kembali seperti sedia kala

Predator sangat berguna jika ingin mengamankan pekerjaan di kantor, saat anda meninggalkannya dalam waktu yang tidak terlalu lama. Dengan menggunakan Predator akan lebih mudah dan praktis daripada menggunakan Windows lock, karena saat kembali anda harus memasukkan password lagi pada PC, tapi dengan menggunakan Predator cukup dengan mencabut removable disk dan memasangnya kembali saat akan bekerja lagi.

Prinsipnya Predator akan menulis sebuah key pada removable disk dan membacanya, saat removable disk dicabut maka key tersebut tidak akan terbaca oleh Predator, saat itulah predator akan mengunci PC anda. Software ini juga dilengkapi dengan alarm yang suaranya cukup bising, sehingga saat ada orang iseng mengutak atik PC saat anda meninggalkannya, maka alarm akan berbunyi dan tentunya mengundang perhatian orang di sekitar.

Predator tersedia dalam 2 pilihan yaitu Profesional dan Free. Versi Profesional (dengan masa Trial 1 bulan) tentunya memiliki fitur yang lebih daripada versi Free, seperti mengirimkan peringatan melalui pesan SMS ataupun Twitter dan beberapa fitur pengamanan tambahan lainnya.


==============================================================================

Touchpad Blocker – Menonaktifkan Touchpad saat Mengetik

Mengetik di notebook atau netbook yang memiliki touchpad sangat berdekatan dengan posisi keyboard seringkali menimbulkan masalah. Tidak jarang saat mengetik tiba-tiba touchpad tersentuh sehingga kursor berpindah atau terklik.

Memang ada sebagian notebook yang langsung non aktif jika dalam posisi mengetik, ada juga netbook/notebook yang memiliki tombol untuk menonaktifkan touchpad. Tapi sebagian lagi tidak memilikinya, hal ini sering dapat kita jumpai, terutama untuk netbook yang dimensinya memang kecil sehingga posisi keyboard dan touchpad sangat berdekatan.

Dengan memanfaatkan Touchpad blocker hal tersebut tidak akan terulang lagi, karena dengan tool ini secara otomatis fungsi touchpad akan dinonatifkan beserta dengan fungsi kliknya. Jika anda menggunakan mouse maka fungsi mouse juga akan dinonaktifkan saat pengetikan.

 
==============================================================================

 

Windows merubah tampilan BSOD

 

Blue Screen of Death (BSOD) atau biasa disebut Blue Screen saja, merupakan salah satu ciri khas dari OS Windows. BSOD dipakai Windows sejak versi 1.0. Meskipun tujuan dari adanya blue screen ini adalah untuk menampilkan error/bug pada Windows anda, tidak dapat disangka-sangka kemunculannya yang sering tiba-tiba bahkan pada saat kita yakin tidak ada masalah pada komputer, membuat banyak pengguna membencinya.

Di Windows 8, Microsoft merubah tampilan dari BSOD dari tampilan sederhana dan dilengkapi daftar error menjadi tampilan yang lebih menarik dan pesan yang lebih singkat.

 

 

Advertisements